Perbedaan Honda Verza 150 VS Honda Mega Pro

Honda Verza 150 telah resmi diluncurkan dan siap bersaing untuk meramaikan pasar otomotif di indonesia ,kuda besi yang merupakan keluaran terbaru dari pabrikan Honda mempunyai desain yang sporty dan terlihat sangat tangguh yang membuat motor ini menjadi pilihan bagi yang gemar dengan motor sport, bagi anda yang mungkin sedang mencari motor sport tetapi dengan harga terjangkau, sangat tepat sekali apabila memilih Honda verza 150. Sepintas Verza 150 mirip dengan Honda Mega Pro apakah ini sebagai pembaharuan dari Mega Pro?

Perbedaan Honda Verza 150 dan Honda Mega Pro ada 46 point, tapi kita bahas beberapa saja yaaa, .kebanyakan nanti malah bikin puyeng. Mohon sory jika bahasanya sedikit gaul  kocak, ya daripada stress kan lebih baik senyum. Ok sobat hargamotoryamahahonda.blogspot.com, langsung saja kita bahas satu per satu.

New Mega Pro


 
Honda Verza 150

Sasis

Terlihat pada gambar diatas diketahui bahwa walaupun sama sama menganut tipe diamond, akan tetapi beberapa detail sedikit berbeda, misalnya saja terlihat jarak antara kedua pipa sub frame pada verza sedikit lebih lebar dan ada tambahan pillinon boncenger (footstep) yang terpisah dari footstep rider. Terlihat juga Sasis NMP sedikit lebih nukik pada bagian subframe plus penempatan braket monoshok. Lho koq Sasis Verza pada down tubenya bisa nggak dicoak? hmmm bisa jadi karena  mulut manfold exhasus verza lebih nonjol keluar karena adanya tempat O2 sensor, imho

Rem dan grip

Sudah jelas banget bahwa Seluruh varian Verza menggunakan rem drum alias tromol, sednagkan NMP pada versi CW nya menggunakan rem belakang cakram. Eh pada Verza disediakan pengait helm juga lho seperti pada PCX, dan CB, jadi lebih rapih kalo ngegantung helm.

Knalpot

Walaupun memiliki dimensi yang sepetinya sama persis, akan tetapi dari luar sekilas terlihat bahwa warna membuat perbedaan signifikan pada Knalpot Verza yang dilabur Hitam dof . . . akan tetapi jika kita belek dalamnya terlihat knalpot verza memiliki katalitik converter . . . hmmm secara logika harga Knalpot averza harusnya lebih mahal dari pada knalpot NMP . . . lho apa bisa Knalpot Verza di letakkan di NMP? hmm bisa nggak yah, soale kan mulut leher knalpotnya sedikit beda karena adanya O2 sensor ( manifod lebih keluar)

Kabel Gas

Kabel gas Verza jelas beda dengan Kabel Gas NMP . . . Kabel gas verza menganut Push-pull throttle wire, ada dua kabel kawat gas kembar satu narik satu ndorong. Katanya sih mekanisme ini disinyalir membuat betotan lebih enteng hmmm

Final Drive Ratio
Sproket depan NMP dan verza menggunakan spek yang sama yakni 14 mata, akan tetapi sproket belakang Verza memiliki jumlah mata yang lebih sedikit yakni 41  mata, sedagkan NMP 42 mata . . . hmm disinyalir Verza lebih ngejar top speed dan irit, cmiiw

Alternator

Kumparan Alternator Verza yang sudah 3 phase sedikit berbeda dengan Kmparan alternator NMP yang masih 1 phase. Alternator adalah part kelistrikan berupa kumparan yang mengubah gerakan mekanik menjadi listrik. Ngubek ngubek buku kuliah dulu ternyata model 3 phase yang sudah ditemukan dari jalan Nicola tesla memiliki tingkat efesiensi yang lebih baik 150 % dibanding single phase

Panel SPeedometer

Verza adalah budget sport Motorcycle, so pasti ada fitur yang dikurangi . . . jadi jika di NMP kita menemukan adanya Takometer buat menentukan dan melihat putaran mesin sehingga bisa menentukan kapan saat terbaik dan ter efesien mengganti gear. Maka  pada Verza keputusan ini dilakukan hanya menggunakan pendengaran dan perasaan karena Varza nggak memiliki takometer. dirasakan kitiran mesin sudah ngegerung maka udah ketinggian, ganti gear. Selain itu juga panel Meter verza nggak dilengkapi Jam digital.

Panel Saklar Setang

Walaupun sudah menganut standar pola penyusunan saklar setang terbarunya honda, Panel Saklar Setang verza banyak yang nggak ada  seperti saklar pilih lampu, saklar lampu dim dan choke . . . ini semua dikarenakan sudah AHO dan sudah injeksi . . . sedangkan engine kill switch sama sama nggak ada di NMP dan verza.

Mesin

jeroan mesin seperti ukuran piston, transmisi dan kompresi sama banget, perbedaannya adalah karena sudah injeksi Verza menggunakan beberpa sensor seperti pengukur suhu oli (EOT), O2 sensor, dan Trotel Possition. Dan karena Verza sudah menggunakan O2 sensor tidak dibutuhkan lagi SAS yang tadinya dibenamkan di nmp .. .  otomatis tutup kepala silindernya beda dikit

Timing pengapian

Timing pengapian berbeda antara Verza dan NMP, menuut AHM hal ini dilakukan karena Verza lebih menekankan pada kehematan penggunaan bahan bakar . ..  lha gimana bisa .. . admin sendiri belom analisa variabel derajat pengapiannya hehehehe.

Untuk perbedaan yang lain jika sobat mengetahuinya sialkan tambahkan di kolom komentar. Tapi ini saja sudah cukup sebagai referensi pembanding perbedaan Honda Mego Pro dan Honda Verza 150.

Bagikan ke

1 Responses to “Perbedaan Honda Verza 150 VS Honda Mega Pro”

Unknown :

Wah... Kok Verza banyak banget kelebihannya dibanding MegaPro. Harganya malah lebih murah ya

16 October 2016 at 08:59

Post a Comment