Perbedaan Honda Scoopy Fi dan Yamaha Fino Fi
New Yamaha Fino Fi
New Yamaha Fino Fi Terbaru 2014 ini akan hadir ke Indonesia akan hadir menyapa para pencinta motor matic pada 2014 mendatang, memang sebenarnya New Yamaha Fino Fi Terbaru 2014 ini telah duluan hadir di negeri singa duluan pada tahun 2013, namun itu tidak akan membuat para pencinta motor matic akan menunggu lebih lama lagi, karena 2014 tidak akan lama lagi.Seperti namanya, New Yamaha Fino Fi Terbaru 2014 ini akan dilengkapi denga Teknologi Injeksi, New Yamaha Fino Fi Terbaru 2014 memiliki beberapa kelebihan salah satunya menggunakan diacyl cylinder.
Tampilan body New Yamaha Fino Fi Terbaru 2014 ini akan lebih menarik dari pada Yamaha Fino sebelumnya, New Yamaha Fino Fi Terbaru 2014 akan tampi lebih ramping, dan satu lagi perbedaan yang nampak pada New Yamaha Fino Fi Terbaru 2014 dibanding Yamaha Fino sebelumnya, pada bagian lampu depan New Yamaha Fino Fi Terbaru 2014 ini akan berbentuk seperti diamond, yang kalau sebelum berbentuk bulat.
New Yamaha Fino Fi Terbaru 2014 ini akan tampil juga dengan fitur yang diKlaim pertama untuk motor matic bermesin kecil Asean yaitu "answer-back". Fitur Answer-back yang dimiliki New Yamaha Fino Fi Terbaru 2014 ini merupakan sistem alarm yang akan menjadikan anak kuncinya sebagai remote kontrol multi fungsi. New Yamaha Fino Fi Terbaru 2014 juga akan menggunakan pelek yang akan memuat New Yamaha Fino Fi Terbaru 2014 lebih keren, yang mana New Yamaha Fino Fi Terbaru 2014 ini akan memakai casting wheels. Saluran udara New Yamaha Fino Fi Terbaru 2014 ini juga akan dipindahkan kebagian atas kotak CVT, hal ini akan berarti bahwa batang lebih luas, yang akan berdampak pada ukuran bagasi menjadi 7.2 Liter.
Spesifikasi Yamaha Fino FI :
MESIN
Tipe mesin : 4 Langkah, 2 Valve SOHC
Jumlah/Posisi silinder : Silinder Tunggal / Mendatar
Diameter x Langkah : 50,0 X 57,9 mm
Perbandingan kompresi : 9,30 : 1
Daya maksimum : 7,75 PS (5.7 kW) / 8.500 rpm
Torsi maksimum : 8,5 N.m / 5.000 rpm
Sistem starter : Electric Starter dan Kick Starter
Sistem pelumasan : Basah
Kapasitas oli mesin : 0,85 liter / Perawatan Berkala : 0,74 liter
Sistem bahan bakar : (Fuel Injection System) YMJET-FI
Tipe kopling : Kering, Kopling Sentrifugal Otomatis
Tipe transmisi : V-belt Otomatis
Pola pengoperasian transmisi : Otomatis
DIMENSI
P X L X T (mm) : 1.870 X 700 X 1.066
Jarak sumbu roda : 1.260 mm
Jarak terendah ke tanah : 130 mm
Tinggi tempat duduk : 745 mm
Berat isi : 95 kg
Kapasitas tangki bensin : 4,8 liter
RANGKA
Tipe rangka : Pipa Baja (Underbone)
Suspensi depan : Teleskopik
Suspensi belakang : Unit Swing, Suspensi Tunggal
Ban depan : 70/90-14M/C 34P
Ban belakang : 80/90-14M/C 46P
Rem depan : Cakram
Rem belakang : Tromol
KELISTRIKAN
Sistem pengapian : TCI (Transistor Control Ignition)
Battery : GTZ4V / YTZ4V
Tipe busi : NGK/CR6HSA atau DENSO/U20FSR-U
Honda Scoopy
Honda Scoopy FI merupakan Scooter matic yang memiliki desain bulat atau kurva dengan nuansa Retro modern, Honda Scoopy FI hadir untuk memenuhi permintaan pasar motor injeksi yang semakin meningkat. Sejak dirilis pada bulan mei 2010 Honda Scoopy telah mengukuhkan diri sebagai raja skutik retro.
Honda Scoopy Fi
Honda Scoopy FI dilengkapi dengan fitur teknologi modern seperti penggunaan lampu depan dengan model projector yang diklaim sebagai skutik pertama yang menggunakan headlamp projector, dengan fitur teknologi ini pencahayaan motor semakin merata dan lebih jauh pada malam hari. Yang menjadi ciri khas dari Honda Scoopy FI adalah pemasangan lampu sein depan dan belakang yang menyatu dengan body, sebelumnya Honda Scoopy menggunakan lampu sein yang terpisah dengan body, dikarenakan rentan mengalami patah Honda mengubah model lampu sein dari Honda Scoopy yang menyatu dengan bodyHonda Scoopy FI menggunakan tipe mesin 4 langkah, SOHC, kapasitas 108 cc dengan dukungan sistem bahan bakar PGM-FI milik Honda yang mampu menghasilkan daya maksimum 6.27 kW (8,52 PS) / 8.000 rpm dan torsi maksimum 8.68 N.m (0,89 kgf.m) / 6.500 rpm.
Pilihan Warna Honda Scoopy FI : Chic Cream, Cosmo Cream, Fancy Black, Metro Black, dan Vogue Red.
Spesifikasi Honda Scoopy FI :
Jarak Sumbu Roda : 1.256 mm
Jarak terendah ke tanah : 140 mm
Berat kosong : 96 kg
Tipe rangka : Tulang punggung
Tipe suspensi depan : Teleskopik
Tipe suspensi belakang : Lengan ayun dengan sokbreker tunggal
Ukuran ban depan : 80/90 – 14 M/C 40P
Ukuran ban belakang : 90/90 – 14 M/C 46P
Rem depan : Cakram hidrolik, dengan piston tunggal
Rem belakang : Tromol
Kapasitas tangki bahan bakar : 3,7 liter
Tipe mesin : 4 langkah, SOHC
Diameter x langkah : 50 x 55 mm
Volume langkah : 108 cc
Perbandingan Kompresi : 9,2 : 1
Daya Maksimum : 6.27 kW (8,52 PS) / 8.000 rpm
Torsi Maksimum : 8.68 N.m (0,89 kgf.m) / 6.500 rpm
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin : 0,7 liter pada penggantian periodik
Kopling Otomatis : Otomatis, sentrifugal, tipe kering
Gigi Transmsi : Otomatis, V-Matic
Starter : Pedal & Elektrik
Aki : MF battery, 12 V – 3 Ah
Busi : NGK CPR9EA-9 DENSO U27EPR9
Sistem Pengapian : Full Transisterized, Baterai
Perbedaan Honda Scoopy dan Yamaha Fino Fi
Dimensi
Biar Bagaimanapun, setelah penampilan fisik yang bisa dinikmati oleh mata, maka impresi kedua adalah bagaimana Rasa Motor ini jika disemplak/ dinaiki/ dibawa riding. Nah untuk impesi ini dimensi lah yang pegang peranan. Dari Gambar penampang diatas . . . Boleh dibilang Scoopy FI ini di desain lebih lebar dibanding Scoopy Lama dan beat FI . .. Framenya 5 mm lebih lebar dibanding Scoopy Karbu. Dimensi dari Bahan Framenya sama, tebal sub framenya masih 2,5 cm.
Jarak antara kedua Sumbu roda Scoopy FI jauh lebih panjang dibanding Scoopy Karburator (1,6 cm). Scoopy FI lebih ‘membumi’ bila dibanding kan dengan Scoopy Karburator. Ground Clearancenya, walaupun lebih tinggi dari Beat FI lumayan lebih rendah dibanding Scoopy FI. Honda menurunkan Ground Clearence sebanyak 2 cm dari Scoopy Karbu. Lho Ngejedog polisi tidur nggak? Cek aja beat FI, ngejedog nggak? Soale Beat FI lebih rendah lagi. Kalo Beat FI aman, maka Scoopy FI ini pun amaaan . . . tujuannya apa niiih? Kayaknya Honda ngerti Scoopy Karbu Ketinggian . . . nah biar lebih user friendly bagi kebanyakan orang kita (nunjuk diri sendiri ground Clearance dan Seat Height nya diturunin, . . . Biar nggak banyak yang beli Dinkliq kali yaah.
Bagasi
Lebih Lebarnya jarak antara dua spar Sub Frame plus pindahnya filter udara ke samping ( diatas Box CVT ) menyebabkan Honda Bisa mendesain Box Bagasi dibawah jok menjadi lebih Luas . . . dan terlihat bahwa Volume tanpa penutup pun bisa 14,26 Liter , ditambah penutup bisa jauh lebih banyak lagi volumenya
Mesin dan Pengapian
Seperti Yang kita telah bahas kemarin . . . secara Mesin sudah beda banget dengan Scoopy Karburator . . . Akan tetapi aperbedaan Mesin Scoopy FI dengan Beat FI ternyata sangaaattttdd sedikit mas bro . . . secara mesin sama Blassss ternyata . . . perbedaan nya nggak terlihat dengan mata . . . seperti misalnya timing pengapian. terlihat di timing advance dilakukan pada rpm yang 500 kitiran/menit lebih rendah dibanding Beat FI . . . yup nafas Beat FI sedikit lebih panjang dibanding Scoopy FI
PWR beda dikiiittt
Scoopy FI (96 kg) lebih berat 2 kg dibanding Scoopy Karburator (94kg) dan lebih berat 3 kg dari Beat FI. Aspek Performa biasnaya akan Berbanding lurus dengan aspek Power-weight Ratio dari Motornya . . . So jika dihitung dengan spek klaim pabrikan . .. PWR Scoopy FI (0,0089 PS/kg) lebih tinggi sedikiiiiitttt dibanding Scoopy Karburator (0,088 PS/kg) . . . artinya alaupun bobot dinaikin sedikit Honda membayar dengan manaikkan sedikit power Mesin Injeksinya sehingga menurut tmcblog bakalan hampir nggak ada beda feel performanya antara Scoopy Karburator dan Scoopy Injeksi . . . jiaaahh cuma 0,001 ps/kg jeeekkk . . . siapa yang bisa membedakan cobaaa?
Udah Pake KatKon . . .Boleh Pake Premium?
Secara spek kubikasi mesin dan Kompresi sama banget dengan Scoopy Karbu yang 110 cc, kompresi 9,2:1 . . . Dari Kompresi yang cukup rendah ini, Scoopy FI menurut tmcblog, imho masih boleh pake Premium oktan 88. Pertanyaan lanjutan . . . Apakah boleh Pake Premium secara Scoopy FI sudah mengunakan Katalitik converter? Katalitik Converter itu biasanya bermasalah karena Bensinnya Masih menggunakan campuran timbal , so boleh aja pake premium asal Premiumnya tanpa timbal..hehehe
Kelistrikan
Honda Scoopy FI ini ternyata sama dengan Honda Beat FI dalam pendesainan Tempat baterai/ Aki yang berada di bawah dek . . . tentu banyak kekhawatiran akan kosletnya sistem kelistrikan karena tempat aki berada di tempat yang rendah dan riskan terkena air dikala kebanjiran . . . tmcblog sih belom pernah bawa motor Beat FI ataupun Scoopy FI berendem di banjiran dengan ketinggian sampai menuruti dek . . . akan tetapi Dulu Honda Pernah menjelaskan bahwa desian ini sudah diperhatikan keamanannya dan Diklaim aman terhadap banjir . . . nah kalo nanti dalam perjalanan penggunaan aki ini beneran koslet karena menerjang banjir seetinggi setengah ban gimana ? . .. klaim aja ke Honda Bro . . . pasti Honda bertanggung jawab, wong sudah dijamin ini
Yap, itu tadi perbedaan antara Honda Scoopy Fi yang cantik dan Yamaha Fino Fi yang manies, selain mempunyai banyak perbedaan seperti di atas, tentunya juga mempunyai banyak persamaan, karena memamng typical. Kalau menurut sobat gimnana? Yaa tentu ini masalah selera, terserah kepada para konsumen untuk lebih memilih dan condong ke pilihan yang mana.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
5 Responses to “Perbedaan Honda Scoopy Fi dan Yamaha Fino Fi”
trus jadinya bedanya Fino sama Scoopy mana Gan? yang ada dibahas malah Scoopy sama Beat...
25 August 2014 at 21:04iya, malah jd scoopy fi vs beat fi, gan. -_-
19 March 2015 at 10:26Teu nyambung gan
8 May 2015 at 00:40haha aneh betul. paling aneh...
8 November 2015 at 21:56copas ni ye :)
6 April 2016 at 03:48Post a Comment