Perbedaan Yamaha R15 dan Yamaha Vixion
Perbedaan motor Yamaha Vixion dan yamaha R15 ada di beberapa sisi. Melirik sasis yang digunakan oleh Yamaha R15 adalah sama dengan Yamaha New Vixion 2014. Kemudian untuk transmisi mesin sudah menggunakan 6 percepatan, sementara Vixion Lightning masih 5 percepatan. Kemudian sebagian besar teknologi seperti gear box, crank case, mesin 1 silinder SOHC dengan radiator air masih sama dengan Yamaha Vixion. Lalu apa perbedaannya? Berikut ini tabel perbedaannya.
Perbedaan Spesifikasi Yamaha Vioxion dan Yamaha R15
Description | Yamaha R15 | Yamaha New Vixion | Yamaha Old Vixion |
Desain | Faired Sport | Naked Sport | Naked Sport |
MESIN |
|||
Tipe mesin | Liquid-cooled, 4-stroke, SOHC, 4-valve | 4 Langkah, 4 Valve SOHC – Fuel Injection, Berpendingin Cairan |
4 Langkah, 4 Valve SOHC – Fuel Injection, Berpendingin Cairan
|
Volume Silinder | 149.8cc | 149.8cc | 149.8cc |
bore * stroke | 57 × 58.7mm | 57 × 58.7mm | 57 × 58.7mm |
Raiso kompresi | 10,4 :1 | 10,4 :1 | 10,4 :1 |
power max | 17PS ( 12,5.. KW )/ 8,500rpm |
16,59 PS (12.2 kW) / 8.500 rpm.
|
15,09 PS (11,1 kW) / 8500 rpm |
torque max | 15N.m / 7,500rpmm | 14,5 Nm (1.48 kgf-m) / 7.500 rpm | 13,1 Nm / 7500 rpm |
sistem starter | ELECTRIC | ELECTRIC, ELECTIc dan KICK | ELECTIc dan KICK |
sistem pelumas | wet sump | basah | basah |
kapasitas oli | 1,15 L | 1,15 L | 1,15 L |
fuel suplly | Fuel Injection | Fuel Injection Throtlle body AC 28 -1 |
Fuel Injection |
Pengapian | T.C.I | T.C.I | T.C.I |
tipe kopling | Wet Multiple-disc | Basah, Kopling Manual, Multiplat | Basah, Kopling Manual, Multiplat |
tipe transmisisi | Return type 6-speed | Return type 5-speed | Return type 5-speed |
pola transmisi | 1N23456 | 1N2345 | 1N2345 |
gear rasio |
1st=2.833, 2nd=1.875, 3rd=1.364,
4th=1.143, 5th=0.957, 6th=0.84
|
- | - |
Primary/Secondary | 3.042 / 3.133 | - | - |
CHASSIS | |||
Tipe Rangka
|
|||
Caster / Trail | Delta box | ||
Tire size (Front / Rear) | 26° / 98mm | ||
Brake type (Front / Rear) | Hydraulic, single disc (Front / Rear) | Hydraulic, single disc (Front / Rear) | cakram depan belakang Tromol |
Suspension type (Front / Rear) | telescopic/ monoshock monocros | telescopic/ monoshock monocros | telescopic/ monoshock monocros |
Tyre size ( front /rear ) |
90/80
130/70
17”
|
90/80
120/70
17”
|
2,75 90/90 17” |
Headlight | Lo beam12V/35W X1, Hi beam12V/35W X2 | 35/35 W single | 35/35 W single |
Battery | 12V, 3.5Ah (10H) |
YTZ4V/GTZ4V (MF Battery 3Ah)
|
YTZ4V-MF (MF Battery 12V 3 Ah) |
Fuel Tank | 12 liter | 12 liter | 12 liter |
DIMENSI | |||
PxLxT | 1,970mm x 670mm × 1,070mm | 2.010 mm x 705 mm x 1.030 mm | 2.000 m x 705 mm x 1.035 mm |
tinggi Jok | 800mm |
790 mm
|
790 mm |
jarak as | 1,345mm |
1.300 mm
|
1.282 mm |
Jarak Terendah Ke Tanah | 160mm | 165 | 167 mm |
berat isi ( curb ) | 136Kg | 129 KG | 125Kg |
model SEAT | split seat | double set | double seat |
Swing ARm | Banana Alumunium | pipa kotak | pipa kota ujung gepeng ( press ) |
R15
|
New Vixion
|
Old Vixion
|
|
Power | 17 PS | 16,59 PS | 15,09 PS |
Berat isi | 136 KG | 129 KG | 125 KG |
PWR | 0,125 | 0,1286 | 0,120 |
Selain spesifikasi di atas juga terdapat beberapa perbedaan dalam hal desain, antara lain:
Kunci Kontak - Menggunakan kunci kontak model magnet.
Lampu Depan Otomatis - Tidak terdapat switch lampu, jadi lampu akan menyala sepanjang hari selama mesin masih menyala. Hal tersebut terkait aturan di Indonesia yang mewajibkan kendaraan bermotor menyalakan lampu di siang hari.
Desain Kunci Kontak - Bentuk kunci kontak dibuat dengan teknologi laser sehingga menghasilkan desain yang presisi dan halus. Dalam hal ini Yamaha Vixion Lightning juga sudah menerapkannya.
Sari Guard - Sari Guard adalah pelindung yang bertunjuan untuk melindungi bodi motor dari pakaian pengemudi yang tersangkut. Fitur ini untuk Yamaha R15 dihilangkan sehingga semakin sporty pada bagian bawah motor.
Spakbor - Desain spakbor dibuat lebih pendek, sedangkan untuk Yamaha Vixion lebih panjang.
Footstep - Bentuk Footstep Yamaha R15 terlihat lebih simple dan elegan dengan 3 buah lubang plat.
Demikian beberapa perbedaan antara Yamaha Vixion dan Yamaha R15, mana yang lebih cocok buat anda, ini sepenuhnya tergantung selera masing masing. Masing masing punya kelebiihan dan kekurangan. Dan begitupula dengan saingannya sesama motor sport dari Honda dan Kawazaki, masing masing punya konsumen tersendiri.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 Responses to “Perbedaan Yamaha R15 dan Yamaha Vixion”
Post a Comment