Perbedaan Yamaha Mio GT dengan Honda Beat

Perbedaan Yamaha Mio GT dengan Honda Beat - Kali ini kita akan membahas dua motor matic dari dua pabrikan besar yang sejak lama telah sukses di Indonesia siapa lagi kalau bukan Honda dan Yamaha, Memang tak henti-hentinya dua pabrikan besar ini berinovasi dan memberikan yang terbaik untuk para konsumennya di Indonesia, dan pada sektor matic Yamaha membesut Mio keluaran terbaru dengan embel-embel kata GT di belakangnya dan tak ingin kalah Honda pun Mengeluarkan Beat dengan Versi terbarunya.

Perbedaan Yamaha Mio GT dengan Honda Beat

Nah sebenarnya dari kedua motor ini apa sih yang membedakanya ? karena saya yakin keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan untuk memperjelas apa saja perbedaanya bisa anda simak spesifikasinya dibawah ini.

Perbedaan Yamaha Mio GT dengan Honda Beat

1. Dimensi
Ukuran PxLxT (mm) Beat 1.859 X 676 X 1.053 dan New Mio1.820 X 675 X 1.050. Beat mempunyai kelebihan ukuran panjang 39 mm, lebar 1 mm dan tinggi 3 mm dibanding dengan Mio. Namun dimensi Beat kelihatan lebih tinggi ramping dan New Mio kelihatan lebih besar dan padat.

Hal ini disebabkan Beat mempunyai desain cover body samping dengan pola yang meruncing, pemasangan spatboard depan menempel pada sochbreker bawah yang berada sedikit di atas roda depan sehingga ada jarak yang cukup renggang antara lampu depan dan spatboard , serta juga ground clearen Honda Beat 156 mm paling tinggi di antara skutik pesaingnya.

2. Desain Bodi.
Sepintas kedua skubek ini memiliki desain yang hampir mirip, dengan desain futuristik dan dominasi garis-garis tajam sehingga nuansa sporty keluar dari kedua skubek ini. Dari desain yang lancip ini tersirat kalo kedua skubek ini lincah dan aerodinamis sehingga mampu diajak kebut-kebutan serta berakselerasi dikemacetan kota-kota besar.
Mungkin yang membedakan kedua skubek ini adalah letak headlamp, jika headlamp Mio GT terletak pada stang kemudi, maka Beat FI terletak pada cover depan, yang menjadi ciri khas skubek Honda. Untuk filter udara keduanya terletak pada posisi samping tepat diatas cover CVT.

3. Fitur.
Dalam hal Fitur Beat lebih lengkap sebagai contoh dalam hal Safety /keamanan, BeAT memang unggul didukung secure key shutter, side stand switch dan parking brake lock. motor lebih aman dari tindakan pencurian, juga pengendara jika lupa standar samping tidak dinaikan motor tidak akan hidup, serta kemudahan parkir pada tempat atau jalan yang miring.

Kelengkapan bagasi bagi kedua motor ini sama mempunyai bagasi pada bagian depan yang disebut fitur EZ rack dan juga di bawah jok tempat duduk hanya New Mio lebih unggul dalam kapasitas yaitu rack depan 1.5 l dan bagasi bwah jok 3.5 l disbanding dengan Beat yang hanya 2 ltr dan 1.2 ltr.

Kemudian untuk penyimpanan arus listrik dari kedua motor ini mempunyai perbedaan yaitu aki MF (maintenance free) diterapkan sebagai standar pada Beat yang merupakan nilai lebih, sementara New Mio masih mengandalkan aki konvensional.

4. Teknologi Mesin
Mio GT dan Beat FI sudah sama-sama dilengkapi dengan teknologi pembakaran mesin injeksi. Mio GT mempunyai mesin 113 cc dengan silinder blok yang sudah dilengkapi dengan teknologi DiASil Cylinder dan Forging Piston, teknologi ini untuk meningkatkan performa mesin serta ketahanan yang luar biasa.
Sedangkan Beat FI mengusung mesin 108 cc dengan kombinasi Bore 50 mm dengan stroke 55 mm. Jika dilihat dari datanya Mio GT mampu menghasilkan tenaga sebesar 7,75 PS pada putaran mesin 8500 rpm, dan torsi maksimum 8,5 Nm/5000 rpm. Sedangkan Beat FI memnghasilkan tenaga sebesar 8,25 PS pada putaran mesin 8000 rpm dan torsi puncak sebesar 8,68 Nm/6500 rpm.

5. Pelek dan Ban.
Baik New Mio, maupun Beat menggunakan pelek 14 inci tetapi BeAT sudah memakai ban yang paling lebar yaitu depan 80/90-14 MC 34 P dan belakang 90/90-14 MC 40 P. Sedangkan New Mio yaitu ukuran depan 70/90-14 MC 34 P dan belakang 80/90-14 MC 40 P. Pengaruh semakin lebar ban adalah lebih stabil saat dikendarai tetapi mempunyai kekurangan kelincahan dalam pengendaraan.

Komparasi  Yamaha Mio GT dengan Honda Beat


Motor Yamaha New Mio(casting wheel) Honda BeAT
Harga OTR (Jkt) Rp. 11,8 jt Rp. 12 jt
Pilihan Warna 5 6
PxLxT(mm)1.820 X 675 X 1.0501.859 X 676 X 1.053
Jarakk terendah ke tanah (mm)130156
Jarak sumbu roda (mm)1.2401.240
Berat kosong (kg)87 89,3
Kap. tangki BBM (liter)3,73.5
Kapasitas oli mesin (ltr)0.90.7
Type rangka Steel tube Steel tube
Shock depan Telescopik Telescopik
Shock belakang Lengan ayun dgn shock tunggal Lengan ayun dgn shock tunggal
Rem depan Cakram Cakram
Rem belakang Tromol Tromol
Type, ukr ban depan 70/90- 14M/C34P 80/90-14M/40P
Type, ukr ban blk 80/90 - 14M/C40P 90/90 - 14M/40P
Mesin, type 4 tak-SOHC 2-valve 4 tak-SOHC 2-valve
Pendingin Aliran udara Aliran udara dengan kipas
Diameter x langkah (mm)50 x 57.9 50 x 55
Volume silinder (cc) 113.7 108
Rasio kompresi 8.8:1 9.2:1
Daya maksimum (PS/rpm)8.89/8.000 8.22/8.000
Torsi maksimum (Kgf.m/rpm)0.88/6.500 0.85/5.500
KarburatorKeihin NCV24 Keihin VK22
Sistem control emisiAIS Tidak ada
TransmisiCVT CVT
Bagasi depanada 1.5 lt 1.2
Bagasi bawah jok3.5 lt 2 lt
Parking brake lockTidak ada Ada
Secure Key ShutteriTidak ada Ada
Side stand swichTidak ada Ada
Aki MFTidak ada Ada
Accessories genuineada Tidak ada
Footstep boncengerAda tidak ada/menyatu dg dek depan


Sekian post dari saya mengenai Perbedaan Yamaha Mio GT dengan Honda Beat semoga anda terbantu dengan artikel ini. Terimakasih.

Bagikan ke

1 Responses to “Perbedaan Yamaha Mio GT dengan Honda Beat”

jacentagadbois :

1xbet korean bitcoin betting sites no deposit bonus codes
1xbet korean bitcoin betting sites No 1xbet korean deposit bonus codes | Betting sites on 1xbet korean bitcoin betting sites.

2 February 2022 at 23:17

Post a Comment